Program Studi

  • Home -
  • Program Studi

Program Studi

Program Studi/Kompetensi Keahlian yang ada di SMK PPN Lembang :

  1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)
  2. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP)
  3. Lanskap/Pertamanan

 

 

Program Studi/Kompetensi Keahlian APHP

Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian yang terdapat di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang. Dalam hal ini  orientasinya yaitu untuk menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Sektor Industri Pengolahan Sub Sektor Industri Pangan dan Minuman bidang Teknologi Hasil Pertanian. 

Dalam struktur kurikulumnya, kelas X diberikan kelompok mata pelajaran C2 (Dasar Program Keahlian) diantaranya Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian, Dasar Proses Pengolahan Hasil Pertanian, dan Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian. Sedangkan kelas XI dan XII diberikan kelompok mata pelajaran C3 yaitu Produksi Pengolahan Hasil Nabati, Produksi Pengolahan Hasil Hewani, Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan dan Herbal, Keamanan Pangan, Penyimpanan, dan Penggudangan, Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Adapun tujuan dari Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP)  yaitu membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar mampu menjadi tenaga teknis yang kompeten di bidang sektor industri pengolahan sub sektor industri pangan dan minuman bidang teknologi hasil pertanian, yang memiliki jiwa wirausaha serta berkarakter sehingga dapat berperan sebagai penunjang pembangunan pertanian yang berwawasan agribisnis.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu di dukung dengan berbagai faktor diantaranya ketersediaan tenaga pendidik yang kompeten, media pembelajaran, sumber belajar, dan sarana prasarana yang memadai. SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang memiliki tenaga pendidik yang berkompeten di bidang APHP, tersedianya media dan sumber pembelajaran yang relevan, dan Ruang Praktek Siswa (RPS) untuk mendukung pembelajaran Produktif yang menunjang keberlangsungan pembelajaran dengan model Teaching Faactory (TEFA). Selain RPS yang tersedia sudah representatif, alat-alat atau mesin penunjang proses pengolahan yang menunjang kompetensi APHP juga sudah memadai dengan banyaknya bantuan dari Kementrian Pertanian, DitPSMK, Dina Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dll. Sehingga dengan adanya upaya peningkatan sarana dan prasarana tersebut, akses dan mutu layanan pendidikan di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang menjadi lebih baik, yang mampu mendukung dan representatif bagi siswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidang pertanian.

Dengan terpenuhinya sarana dan prasarana tersebut, SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang khususnya program keahlian APHP diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berjiwa wirausaha serta dapat diserap secara maksimal oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri, yakni siswa yang cakap dan terlatih dalam penguasaan pengetahuan maupun keterampilan dalam bidang agribisnis dan agroteknologi.