Berita Kesiswaan

  • Home -
  • Berita Kesiswaan
research
  • 01 Nov
  • 2019

SMK PPN LEMBANG PERINGATI HARI TANI KE-59 DAN LAUNCHING GLORIOSIS CAFE

Bandung Barat, 24 Oktober 2019.  Sudah menjadi tradisi di SMK PPN Lembang selalu memperingati Hari Tani Nasional

Read More
research
  • 30 Oct
  • 2019

STEFES: Bertani Berarti Memanfaatkan juga Menjaga Tanah

Baru-baru ini Selasa (22/10/2019), SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang menandatangai nota kesepahaman dengan PT Stefes Indonesia.

Read More
research
  • 12 Feb
  • 2019

UJI LAPANG PENEGAK BANTARA KE LAKSANA GUGUS DEPAN 01-175-C / 01-176-C AMBALAN LETJEN MASHUDI dan INGGIT GARNASIH BASIS SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI LEMBANG













Kegiatan Pramuka di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang merupakan kegiatan Ekstrakulikuler yang wajib dilaksanakan oleh seluruh peserta didik.  Bahkan kegiatan pramuka ini merupakan salah satu komponen prasyarat dari ketuntasan peserta didik dalam menyelesaikan program pendidikan di sekolah ini.  Kegiatan Pramuka ini terdiri dari berbagai macam tingkatan, mulai dari tamu ke calon penegak sampai diakhiri dengan kegiatan uji lapang bantara ke laksana. Kegiatan uji lapang penegak bantara ke laksana ini merupakan puncak kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik tingkat XI karena merupakan salah satu prasyarat untuk bisa mengikuti kegiatan PKL di semester selanjutnya.
Penegak Laksana adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umumkedua dalam satuan Pramuka Penegaksetelah Penegak Bantara.  Peserta didik yang sudah menyelesaikan SKU Bantara dilanjutkan untuk mengisi SKU Penegak Laksana.  Kegiatan uji lapang Laksana ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam dan kegiatan dilangsungkan di Datasemen Kavaleri Kuda (DENKAVKUD) Parongpong.   Kegiatan berlangsung mulai dari hari kamis tanggal 24 Januari 2019 dengan kegiatan perjalanan peserta mulai dari titik kumpul awal yaitu Alun-alun Lembang, kemudian melewati jalur sekitar lembang seperti mandarin, manoko, cikahuripan, kemudian menuju arah parongpong yaitu kolonel masturi dan sampai dengan tempat tujuan yaitu di lapangan tembak Denkavkud.
Kegiatan uji lapang laksana dilakukan dengan konsep yang berbeda dari kegiatan uji lapang sebelumnya, yaitu selain melewati kegiatan perjalanan peserta diharuskan mampu membuat bivak untuk tempat peristirahatan mereka selama kegiatan berlangsung. Yang mana biasanya selalu menggunakan tenda untuk perkemahan namun mereka membuat bivak dari ponco dan patok, sehingga dari kegiatan tersebut peserta didik diharapkan mampu menjadi pribadi yang mandiri dan kuat karena mereka membuat perlingdungan sendiri dari berbagai peralatan seadanya yang mereka sediakan.
Kegiatan hari kedua, Jum’at 25 Januari 2019 dilakukan perjalanan kembali dari lapang tembak denkavkud menuju field camp utama di denkavkud. Kegiatan uji lapang laksana ini mempunyai tema kegiatan yaitu “Bangun Diri menuju Pribadi Pramuka yang Kuat, Disiplin, Bertanggungjawab dan Bermanfaat bagi Masyarakat” harapannya peserta didik yang mengikuti kegiatan uji laksana ini bisa dipupuk dan dibina dengan berbagai latihan kegiatan agar mempunyai jiwa pramuka yang kuat ketika hidup di alam atau kegiatan dilapangan, disiplin dalam berbagai kegiatan maupun disiplin diri, bertanggungjawab terhadap apa yang diamanahkan atau ditugaskan, dan mampu bermanfaat bagi masyarakat dengan melakukan kegiatan bhakti sosial disekitar warga setempat.
Dengan konsep pembuatan bivak selama kegiatan uji lapang laksana ini, peserta menjadi lebih mandiri dan kratif bahkan kuat menghadapi kondisi alam yang ada. Meski mereka harus dihadapkan dengan cuaca hujan dan angin kencang namun mereka mampu bertahan dan beradaptasi dengan bivak yang mereka bangun sendiri.
Hari terakhir, Sabtu 26 Januari 2019 dilakukan kegiatan dinamika kelompok. Kegiatan dinamika kelompok ini diaplikasikan melalui games yang mana peserta harus memecahkan setiap masalah yang ada di setiap pos. Selain kreatifitas yang diuji, kekompakan atau kebersamaan dan saling peduli antar anggota sangga pun ditumbuhkan agar mereka terbiasa untuk membangun team building yang baik. Kegiatan ditutup oleh kepala sekolah Dra. Wiwi Siti Zawiyah dengan arahan bahwa hasil didikan atau pembinaan dari kegiatan uji lapang laksana ini harus diterapkan tidak hanya ketika dikegiatan selama tiga hari, namun diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dilingkungan sekolah. 

 

Read More
research
  • 21 Jan
  • 2019

DONOR DARAH TAHUN 2019 SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN











Menginjak semester baru di tahun yang baru yaitu 2019 tepatnya ditanggal 17 Januari, organisasi siswa intra sekolah Gloriosa superba (OSIS Gs angkatan 52) mengadakan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di aula SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang.  Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan yang selalu diagendakan oleh OSIS SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang.

Ditahun yang baru ini OSIS Gs kembali bekerjasama dengan RSUD Cibabat Cimahi sebagai instasi pelaksana Donor Darah. Selain dengan RSUD Cibabat Cimahi, OSIS Gs juga memberikan kepercayaan kepada Organisasi UKS sebagai pelaksana kegiatan donor darah ini. Tema dari kegiatan ini “Sedikit darah yang disumbangkan akan memberikan harapan kepada banyak orang yang membutuhkan”.
 
Mengawali acara Donor Darah ini kepala sekolah SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang Ibu Dra. Wiwi Siti Zawiyah yang ditemani oleh Ibu Wakasek Kesiswaan. Ida Rukhaida, S.Pd. pun memberikan arahan kepada seluruh siswa, tenaga pendidik, dan kependidikan yang akan mendonorkan darahnya. “Kegiatan ini menjadikan kegiatan yang baik yang dilaksanakan oleh sekolah kita, untuk itu mudah-mudahan dengan diadakannya kagiatan ini menjadikan amal ibadah bagi kita semua, karena setetes darah yang disumbangkan bisa menolong banyak orang yang membutuhkan. Selain itu kegiatan ini juga menjadikan pembelajaran bagi siswa khususnya, dimana para siswa diajak untuk meningkatkan jiwa sosial”, ujar Kepala Sekolah SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang.
 
Selain itu, dr. Andri Setiawan sebagai perwakilan dari RSUD Cibabat Cimahi juga memberikan sambutan dalam pembukaan acara Donor Darah. “Dimulai dari tahun 2009 tidak hanya PMI saja yang melaksanakan Donor Darah tetapi Rumah Sakit pun bisa untuk melaksanakan donor darah, untuk itu kami berterima kasih kepada pihak sekolah yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melangsungkan kegiatan ini mengingat stok darah di rumah sakit kami pun mulai menipis dan mudah-mudahan kegiatan ini menjadikan ladang amal bagi anak-anak sekalian”.
 
Kegiatan donor darah ini diikuti oleh siswa yang telah memenuhi kriteria, (berusia 17 tahun dan sehat jasmani rohani), tenaga pendidik dan kependidikan, warga sekolah, dan masyarakat yang berada disekitar sekolah. Semoga kegiatan ini bisa berlangsung secara terus menerus dari tahun-ketahun dan juga bisa menambah semangat untuk berjiwa sosial.

Read More
research
  • 18 Jan
  • 2019

UJI LAPANG CALON PENEGAK KE PENEGAK KELAS X SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Pramuka di lingkungan SMK PPN Lembang menjadi hal yang wajib karena kegiatan Ekstrakurikuler ini menjadi ciri khas sekolah ini. Segudang kegiatan pun terus dilaksanakan oleh Dewan Ambalan Letjen Mashudi dan Inggit Garnasih dari mulai kegiatan rutin di hari Jum’at dan kegiatan kenaikan tingkat.
 
Salah satu program kenaikan tingkat di Ambalan Letjen Mashudi dan Inggit Garnasih yaitu Uji Lapangan Calon Penegak ke Penegak yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Desember 2018 di lingkungan SMK PPN Lembang.
 
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa Kelas X putra dan putri dimana kegiatan ini menjadi kewajiban karena sebagai syarat untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya yaitu Pelantikan Bantara. Kegiatan yang dilaksanakan pun beragam mulai dari Apel pagi, pendirian tenda, pemberian materi, Games, dan berjalan menyusuri lingkungan sekitar wilayah desa cibogo (sekitar linglungan sekolah).
 
Selain itu kegiatan pramuka ini menjadikan sebuah materi pembelajaran bagi siswa, dimana siswa dilatih mentalnya untuk displin, berjiwa sosial, dan melatih kepribadian siswa menjadi pribadi yang labih baik.
 

 

Read More